UJI KOMPETENSI BAB III
MUHAMMAD AZRIL ALFARIDZI
XII MIPA 7
SMAN 1 BEKASI
1. Tokoh yang paling dikenal pada bidang matematika yang biasa dijuluki "Bapak Algoritma" adalah
(B. Al Khawarizmi)
2. Pemrograman dalam teknologi informasi memiliki berbagai macam bidang di dalam penggunaan nama sesuai fungsinya. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman adalah pemrograman
3. Dalam kehidupan kita sering melakukan perbandingan. Operator relasional melakukan kegiatan (perbandingan) yang digunakan untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu
4. Setiap programmer harus mengerti akan penggunaan kalimat perintah dalam aplikasi komputer. Berikut yang merupakan perintah keluaran adalah...
5. Berbagai macam bentuk flowchart dibuat pada komputer. Berbagai macam simbol memiliki arti sendiri. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk percabangan adalah...
2. Pemrograman dalam teknologi informasi memiliki berbagai macam bidang di dalam penggunaan nama sesuai fungsinya. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman adalah pemrograman
(B. Desain grafis)
3. Dalam kehidupan kita sering melakukan perbandingan. Operator relasional melakukan kegiatan (perbandingan) yang digunakan untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu
(A. !=)
4. Setiap programmer harus mengerti akan penggunaan kalimat perintah dalam aplikasi komputer. Berikut yang merupakan perintah keluaran adalah...
(C. Print)
5. Berbagai macam bentuk flowchart dibuat pada komputer. Berbagai macam simbol memiliki arti sendiri. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk percabangan adalah...
6. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut:
Judul: Algoritma membandingkan dua buah nilai
Diketahui: A, B: integer
Algoritma:
input (A, B) if (A>B) then
output ("Bilangan terbesar A")
else
if (A<B)
then output ("Bilangan terbesar B")
else
Output ("Bilangan A dan B sama") end if
End if
Jika A diisi dengan nilai 25 dan B
diisi dengan nilai 10 maka outputnya
adalah...
(B. Bilangan terbesar A)
7. Perhatikan struktur percabangan berikut:
if (x > 0)
cout << "x is positive";
else if (x < 0) great
cout << "x is negative";
else
cout << "x is 0";
Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outputnya adalah ...
(A. x is positive)
8. Ada beberapa tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah. Manakah tahapan yang harus dilakukan?
(C. Masalah-Model-Algoritma- Program-Eksekusi-Hasil)
9. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut:
Susun algoritma untuk menampilkan angka 1 sampai dengan 100 secara menaik...
(C. for (i=1 ; i<=100 ; i++) Output ("nilai",i)
10. Lampu lalu lintas mengatur pemakai lalu lintas, dengan menyalakan lampu merah untuk berhenti, lampu hijau untuk berjalan, dan lampu kuning untuk persiapan. Prosedur paling tepat untuk keadaan ini adalah....
(B. if then)
B. Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat, jelas, dan benar!
B. Uraian
1. Apa definisi algoritma dan contohnya!
Algoritma adalah langkah-langkah yang ditulis secara sistematis Untuk menyelesaikan suatu masalah yang dapat difahami mesin, cth:
Menyatakan bilangan adalah angka
1) Start
2) var i : Integer
3) Input i
4) Print i + "adalah angka"
5) End
2. Apa definisi pseudocode dan contohnya!
Pseudocode adalah intruksi atau langkah langkah yang ditulis secara sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah yang dapat dipahami manusia, cth:
Menyatakan bilangan adalah angka
1) Start
2) Deklarasi i sebagai bilangan.
3) Masukan i
4) cetak nilai i ditambah dengan kalimat "adalah angka"
5) End
3. Apa definisi flowchart dan contohnya!
Flowchart adalah diagram dari langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. cth:
4. Jelaskan dengan contoh kasus algoritma yang memiliki struktur runtunan!
Struktur runtutan adalah proses penyelesaian yang dilakukan dari langkah pertama Sampai langkah terakhir, cth:
5. Jelaskan dengan contoh kasus algoritma yang memiliki struktur perulangan
a. for Perulangan yang biasanya berulang dari a sampai b for (i=1, 1<=2; i+n)
b. while Perulangan yang tetap berjalan selama Statement di dalamnya masih benar. cth:
while (i<=2)
output ("nilai", 1)
Komentar
Posting Komentar